WELCOME TO MY ILLUMINATION

27 April 2015

Semantik, Mempelajari Makna

                     
"Orang boleh pandai setinggi-tinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah" - Pramoedya Ananta Noer
"Pelajari lebih dalam segala setuatu, lalu anda bisa menilai lebih bijaksana" 

Menurut WikiPedia adalah cabang linguistik yang mempelajari arti / makna yang terkandung pada suatu bahasakode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik adalah pembelajaran tentang makna

Makna yg terkandung dalm sesuatu kadang ada yg dijelaskan langsung maupun tidak. Terkadang juga perlu pemahaman lebih dalam apabila kita memaknai sesuatu, Coba pahami kalimat dari gambar dibawah ini :




Sudah ?

Disini gua coba bahas, kalo diartiin dalam bahasa indonesia, kurang lebih seperti ini :
  • Surga adalah ketika punya gaji seperti orang amerika, mobil dari jerman, makanan orang-oran china dan istri orang indonesia.
  • Neraka adalah ketika lu punya istri orang amerika, makanan dari jerman, mobil dari china, dan gaji orang indonesia.
Dari gambar tersebut sebenernya cuma dibalik aja urutannya, tapi mengapa harus begitu ? Oke kita mulai menerapkan ilmu semantik, Dari yg katanya surga dulu, makna aslinya sih kalo menurut gua "Enaknya punya......"

  1. Gaji orang Amerika. ?


    Disini mengarah pada gaji nya orang amerika yg terhitung tinggi, Dan semua juga tau, kekuatan mata uang Dollar. Jadi makna yg terkandung adalah enaknya punya banyak uang. Sampe dibilang surga gitu. kenapa nggak ? ketika lu banyak uang, maka lu bisa beli apapun yg lu suka kan ?
  2. Mobil Jerman. 



    Siapa yg gak kenal pabrikan mobil-mobil mewah bin keren dari Jerman. Sebut saja BMW, Mercedes, Audi, sampe volkswagen dll. Nah, kebetulan gua seorang penggemar mobil sport jadi untuk diri gua sendiri pun, gua pengen gitu punya mobil-mobil keren kayak gitu, Menunjang aktivitas sehari hari, soalnya biasanya ketika orang punya sesuatu yg berharga, dia bakal ngurusnya dengan sepenuh hati. Dan lagian juga kan rata-rata harga-harga mobil tersebut juga mahal, jadi paling nggak untuk kita yg sedang membangun kejayaan, itu bisa jadi motivasi.
     
  3. Makanan dari China (Tiongkok)

                                

    Duh, udah gak ada yg menyangkal lagi deh pokoknya kenikmatan makanan dari negara "penuh" ini. Penuh rakyatnya, penuh makanyan enak, penuh kreatifitasnya, penuh semangatnya juga. Intinya, kalo makanan enak itu bisa jadi salah satu moodbooster kita, yakan ?
  4. Istri orang Indonesia

                                

    Sebelumnya gua makasih banget yg udah buat gambar dengan pemikiran seperti itu karena udah masukin nama negara tercinta gua ini. Istri orang Indonesia ? Kalo menurut gua sih, wanita Indonesia memang memiliki ke-eksotis-an nya tersendiri yg mungkin orang luar menganggapnya sesuatu yg luar biasa. Dan dari beberapa sumber yg gua baca pun, wanita indonesia terkenal "Rapet" nya. Buat para lelaki, kerapatan menjadi sesuatu yg penting, karena ini merupakan surga dunia. Gak cuma itu, di Indonesia pun Keperawanan merupakan sesuatu yg berharga.

Yang diatas merupakan surga, katanya. Nerakanya pun merupakan kebalikannya aja, dan bukan pengertian neraka yg sesuangguhnya. tapi lebih ke " gak enaknya punya...."
  1. Istri orang amerika



    Kenapa harus orang amerika ? Karena bukan rahasia umum kalo negara adidaya ini terkenal dengan kebebasan individunya. Pergaulan bebas juga bukan sesuatu yg tabu. Bahkan keperawanan pun bukan sesuatu yg mahal.  Jadi ketika lu dapet istri orang amerika, otomatis lu gak bakal dapet hal "itu" tapi gak berlaku buat semua juga ya, ada juga kok disana yg masih menjaga dengan baik. Gak cuma itu, di amerika pun katanya gak begitu rapet lagi, kenapa ? karena amerika juga terkenal para lelakinya punya "anu" yg rata-rata lebih besar. Jadi ketika istri lu orang amerika, dan udah pernah "ngelakuin" sebelumnya, so pasti udah gak terlalu rapet lagi, Ya ?
  2. Makanan Jerman

                                    

    Agak bingung juga sebenarnya, soalnya gua pun belum pernah nyobain, bahkan ngeliatnyapun belum pernah. Mungkin sedikitnya cabang yg ada diluar Jerman , menandakan sesuatu ?
  3. Mobil dari China

                                     

    Emang gak terlalu banyak produsen mobil dari cina, tapi mungkin karena cina terkenal dengan kualitasnya yg lebih rendah dari negara lain. Jadi orang nge judge nya gitu deh. Tapi gak semua ya, ada juga kok barang dari cina yg punya kualitas setara dengan eropa dan amerika.
  4. Gaji orang Indonesia

                                    

    Perbandingan gaji orang Indonesia dengan negara lain memang menunjukan kesenjangan yg sangat kontras.
So guys, itu yg bisa gua bahas. Disini gua mau berpesan "Setiap bangsa punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing" jadi gua harap kalian pun memaknainya dengan pandangan holistik kalian masing-masing. Segitu aja dulu, thanks for the attention. See You :)



Sumber tulisan :


Sumber gambar :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar