WELCOME TO MY ILLUMINATION

19 Maret 2015

Tugas Geometri Jalan Raya

Nama          : Ahmad Ega Wira Tama
NPM           : 1315011004
Mata kuliah : Geometri Jalan Raya

"Penyebab Terjatuhnya Marco Simoncelli"

Sehubungan dengan mata kuliah Geometri Jalan raya, maka saya akan membahasnya dari sudut pandang mata kuliah tersebut, bisa saja saya membahas dari sudut pandang agama, takdir dll.
Dalam mata kuliah Geometri Jalan Raya, saya diajarkan mengenai adanya "Gaya Sentrifungal Kendaraan di tikungan". Adapun hal-hal yg mempengaruhi nya adalah : 
1. Massa Benda
2. Jari-Jari Garis Lengkungan (Di tikungan Sirkuit)
3. Kecepatan Kendaraan.

Dalam kasus terjatuhnya Marco Simoncelli di sirkuit Sepang, Malaysia 2011 silam maka saya akan menganalisisnya sebagai berikut :
1. Berat dan tinggi tubuh Marco Simoncelli yg lebih besar dibanding para pembalap yg lainnya 
2. Jari jari yg sempit diakibatkan adanya para pembalap lain di sisi yg sama pada saaat Marco Simoncelli menikung
3. Marco Simoncelli terlalu cepat sehingga pada saaat menikung, ia terlalu mengerem mendadak sehingga kehilangan traksi pada ban
4. Pada balapan MotoGP, paara pembalap harus memiringkan tubuhnya dengan memanfaatkan "Super Elevasi" untuk meminimalkan gaya sentrifungal yg akan menyebabkan terlemparnya pembalap dari lintasan.

Kesimpulan :
Dikarenakan berat dan tinggi badan yg besar, maka pada saat marco simoncelli menikung ia harus lebih memiringkan badannya agar mendapat super elevasi, namun, pada saat yg bersamaan marco simoncelli menyadari bahwa disekitarnya terdapat pembalap lain, maka ia memutuskan untuk tidak terlalu memiringkan badannya, tapi naas, ia pun tak menyadari akan kecepatan dan jari jari sirkuit yg semakin mengecil, sehingga ia memutuskan untuk melakukan pengereman sambil sedikit memiringkan badannya yg besar. namun diakibatkan kecepatan yg tiba tiba menurun, ban kehilangan daya cengkram, dan beratnya massa pada motor menyebabkan terlalu bessarnya elevasi pada saat simoncelli menikung (Terlalu miring). Dan ia pun terjatuh , lalu terlindas pembalap yg lain.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar