WELCOME TO MY ILLUMINATION

31 Agustus 2014

Rubah

Pikiran yg terbelenggu, terikat dalam kegiatan yg memaksa untuk melakukan suatu rutinitas. Jujur ini yg sedang gua alami. Kaki yg seolah terikat pada tiang, tak bisa kemana-mana. Terbatas untuk mengerjakan kegiatan yg lama kelamaaan bukan menjadi sesuatu yg bisa di nikmati. Gua inget dulu ketika baru masuk. Enjoy. Main kemana-mana, gak kepikiran kalo sebenernya ada hal penting yg harus dijadiin prioritas, hidup bebas, maksain sesuatu yg sebenernya gua hobi.

Jujur, makin kesini, passion tentang hal tersebut lama kelamaan luntur kebawa aliran sungai menuju laut. Entah karena mungkin gua yg terlalu bersemangat di awal cerita, entah karena ada satu dua hal yg menyadarkan. Bahkan yg lebih menjijikan lagi, “ngebuat suatu keadaan yg gak mengenakaan, yg sebenarnya tujuannya buat merubah”.

Apa harus kayak gitu caranya?

Memang, suatu kaum gak bakal berubah, kecuali kaum tersebut yg ingin merubahnya. Faktor dari luar pun hanya berpengaruh sedikit terhadap perubahan tersebut. Gua inget ketika SMP kelas 8. Waktu semester 1, gua nemu suatu game yg bahkan sampai sekarang pun masih suka gua mainin, Championship Manager 2008. Hari hari gua terasa nyaman, bangun pagi,sarapan, mandi, persiapan buat kesekolah, terus jalan menuju sekolah. Tapi ketika gua udah disekolah, gua malah pengen cepet cepet pulang buat main game tersebut. Gak mikirin yg lain kecuali pulang pulang dan pulang. Waktu itu bel pulang sekolah jam setengah 12. Dan gua udah dirumah bahkan sebelum jam 12. Ganti baju sebentar, langsung nyalain PC. Main game.

Hari hari berlalu, rutinitas kayak gitu gua jalanin hampir 6 bulan. Gak pernah keluar rumah kecuali ada hal yg memaksa buat keluar. Bahkan ketika ada event 17 agustusan, gua sampe dibilang bokap gua gini

“Coba kamu keluar dulu dari rumah, itu di lapangan ada acara”

Gua masih dengan fokusnya natap layar PC, seolah gak menghiraukan saran dari bokap gua. Tapi sesaat kemudian terbesit dalam pikiran gua.

“berapa hari gua ngendap dirumah, ada acara, panitianya anak anak sebaya gua,sosialisasi gua nol belakangan ini”

Tapi mungkin saat itu memang gak ada keinginan untuk berubah, gua lanjut main game itu.
Turning pointnya adalah ketika pembagian hasil belajar gua selama semester satu. Menusuk di dada, bahkan nilai di rapot gua gak ada yg mencapai angka 70. Dan yg lebih nusuk lagi, bokap gua bilang gini sambil tersenyum ke gua

“nih, hasil rajin main dirumah setiap hari”

Gua langsung masuk ke kamar. Diam sejuta bahasa. Siap siap. Dan gua keluar rumah. Gua menuju tempat dimana gua bisa merenung. Di pinangsia. Disitu ntah kenapa gua bisa berpikir bebas. Pikiran gua terbatas pada hal hal apa aja yg udah gua lalui sampe nilai gua bisa kayak gitu. Tapi dengan penuh rasa syukur akhirnya gua dapet kebijaksanaan gua. Lalu gua pulang. Setelah sampe dirumah gua Cuma bilang gini ke bokap

“Maaf pah, gak kayak gini lagi kok semester depan dan seterusnya”

Lalu dengan penuh semangat gua menjalani hari hari gua di semester 2, gua masih tetep pulang sebelum jam 12. Tapi bedanya gua belajar, baca baca buku, dan yg pada akhirnya menjadi hobi gua sampai saat ini. Hasilnya, pas pembagian hasil belajar semester 2, nilai gua mengalami kenaikan drastis. Bahkan nilai matematika gua nyentuh angka 91. Dan selama gua kelas 9, gua gak lepas dari 5 besar di kelas gua. Dan pada saat ujian nasional, gua mendapat hasil yg bisa ngebawa gua buat masuk ke SMA 8 Tangerang yg pada saat itu berstatus sebagai RSBI, Rintisan Sekolah Berstandar Nasional.


Dari pengalaman gua dalam menaklukan masa masa sulit, gua sadar kalo “Cuma diri sendri yg bisa merubahnya”. Gak ada satupun makhluk dimuka bumi ini, yg berstatus sebagai manusia, yg terlepas dari pasang surutnya kehidupan selama masih hidup. Kadang lu bakal menghadapi hal-hal yg gak meng-enakan buat lu, tapi lu harus sadar, lu masih bisa mengubah.

Ahmad Ega Wira Tama
Minggu, 31 Agustus 2014




Tidak ada komentar:

Posting Komentar